Cara Merawat Layar Smartphone yang Benar!

Layar smartphone atau tablet membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah tergores dan fungsinya selalu prima. Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga "kesehatan" kondisi layar perangkat mobile.
Layar adalah komponen yang sensitif dan memiliki potensi kerusakan fisik yang cukup tinggi. Pasalnya, layar terletak di bagian terluar smartphone dan tablet. Oleh karena itu, kita tidak bisa sembarangan dalam memperlakukan layar perangkat kalau tidak mau mengalami kerusakan.
Lalu, apa saja yang perlu dilakukan agar layar tetap terjaga dengan baik?
1. Selalu lapisi layar dengan pelindung tambahan
Apa pun jenis proteksi layar perangkat yang kamu gunakan, jangan pernah percaya sepenuhnya akan ketahanannya. Melapisi layar dengan pelindung tak hanya mencegah layar dari kerusakan, namun juga meningkatkan kenyamanan. Tapi, ingat, selalu pilih pelindung layar berkualitas.
Layar yang dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass sekali pun tak sepenuhnya aman dari kerusakan atau lecet. Gorilla Glass memang dirancang untuk tahan terhadap sentuhan benda tajam maupun tumpul dengan tingkat kekuatan standar. Namun, bukan berarti layar yang dilindungi Gorilla Glass tidak bisa lecet atau rusak.
Layar dengan Gorilla Glass mungkin jarang mengalami goresan kasar, namun cukup sering mengalami goresan halus seperti rambut. Hal ini bisa disebabkan ketika kamu sering membersihkan layar menggunakan kain tertentu atau terkena goresan kunci atau koin di dalam saku. Gorilla Glass juga akan mudah tergores atau lecet ketika terkena pasir atau berlian, karena keduanya lebih tajam dari pisau.

2. Jangan terlalu sering membersihkan layar
Masalah klasik yang sering dialami pada perangkat dengan layar sentuh adalah layar yang sering kotor, terutama karena bekas sidik jari. Jika layar perangkat kamu tidak dilapisi pelindung tambahan, jangan terlalu sering membersihkan layar. Karena semakin sering kamu membersihkan layar, semakin besar pula peluang layar perangkat kamu menjadi tergores.

3. Gunakan kain khusus untuk membersihkan layar
Kain microfiber atau kain untuk lap kacamata sangat dianjurkan untuk membersihkan permukaan layar karena memang dirancang untuk membersihkan kaca. Jangan coba-coba membersihkan permukaan layar dengan sembarang kain, seperti menggunakan baju atau kaos yang kamu kenakan, karena bisa menimbulkan goresan halus. Tissue toilet juga bukan pilihan yang tepat karena terbuat dari bahan daur ulang yang kasar, seperti kertas atau kayu.

4. Matikan layar saat sedang dibersihkan
Ada dua keuntungan dengan melakukan hal ini. Pertama, kamu tentu akan lebih mudah melihat bagian layar mana yang kotor ketika layar tidak menyala. Kedua, hal ini dapat mengurangi risiko kerusakan bagian dalam panel layar apabila tertekan terlalu keras saat dalam keadaan menyala.

5. Semprotkan cairan pembersih ke kain, bukan ke layar
Jangan salah kaprah! Membersihkan permukaan layar perangkat boleh menggunakan bantuan cairan pembersih, seperti pembersih kacamata atau alcohol gel. Namun, kamu harus menyemprotkannya ke kain pembersih, bukan langsung ke layar. Kontak secara langsung antara cairan kimia dan layar dapat mengakibatkan cairan meresap ke dalam bagian panel layar yang pada akhirnya bisa merusak fungsi layar.

16 Comments

  1. biasanya mah ane lecet'' bro :3 makanya males mke tablet

    BalasHapus
  2. owalah jadi ini ya caranya :D thanks infonya ya gan bermanfaat banget nih. mau nyoba ah abis ini hehe :D

    BalasHapus
  3. wahh ternyata jangan terlalu sering di bersihkan yah haha jujur kalo saya sihh setiap waktu gan dibersihkannya :v kerenn nih infonya salam kenal aja ayah dari Cinta Teknologi

    BalasHapus
  4. Tips yang bermanfaat gan, ditunggu kunbal dan komentarnya http://imyonrosadi.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Mau tanya kalo harga kain pembersih sama cairannya brpa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Itu Saya Kurang Tau Mas.. Saya mah Pake Kain Bersih aja. :)

      Hapus
  6. Yaah gimana lagi ngerawatnya orang hape ane udah ane banting -_-
    Tapi ini artikel bagus buat referensi bang, kalo hape ane udah bener wkwk
    Nice

    BalasHapus