Barreleye – Ikan Berkepala Transparan

Ikan Barreleye Pasifik mendapatkan namanya dari matanya yang besar yang secara harfiah berbentuk seperti barel, diatapi dengan lensa hijau yang indah. Juga dikenal dengan nama Macropinna microstoma, kepalanya benar-benar transparan, berisi cairan.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Makhluk unik ini hidup pada kedalaman sekitar 2000 sampai 2.600 kaki. Ikan Barreleye Pasifik mungkin tampak aneh, tetapi memiliki tujuan yang sangat jelas, yaitu untuk membantunya melihat lebih baik di perairan gelap yang ia diami.
Mata Barreleye ini sangat sensitif, menangkap sekecil apapun aliran cahaya yang tersedia. Tidak seperti kebanyakan ikan lainnya, kedua matanya berada di depan kepala dan mengarah pada titik dalam arah yang sama, yang memberikannya penglihatan binokular menakjubkan.



Jadi Barreleye mampu melihat benda-benda samar yang ikan lain tidak bisa melihatnya, membuatnya menjadi predator yang ditakuti. Sangat menarik mengamati bagaimana ikan ini mencari mangsa. Dimulai dengan tetap diam, mata mengarah ke atas untuk mencari mangsa. Kadang-kadang mata diputar untuk menghadap ke depan, atau mata tetap tapi tubuh yang diputar sehingga mulut menunjuk arah yang sama dengan mata. Ketika siluet kecil mangsa terlihat, Barreleye bergerak dengan arah yang persis sama untuk menangkap mereka. Sirip horisontal datarnya membantunya untuk berenang dengan sangat tepat. Metode ini sangat efisien sehingga kadang-kadang bahkan dapat merebut makanan dari tentakel makhluk laut dalam lainnya. Mulutnya yang benar-benar kecil juga sangat membantu dan perisai transparan membuatnya kebal terhadap sengatan.





Comments