Kapal yang Mengangkut Kapal

Ketika sebuah kebutuhan untuk mengangkut sejumlah kapal besar (yang tidak bisa melaut), atau memindahkan rig minyak raksasa (seperti BP’s Thunder Horse PDQ) atau mungkin membawa pulang kapal perang rusak (USS Cole) muncul, maka MV Blue Marlin lah yang mendapat panggilan untuk melakukan pekerjaan itu.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Blue Marlin adalah kapal semi-submersible heavy lift, dirancang untuk mengangkut rig pengeboran semi-submersible yang sangat besar di atas dek kapal angkutan tersebut. Kapal ini dilengkapi dengan 38 kabin untuk memuat 60 orang, ruang latihan, sauna dan fasilitas berenang.



Blue Marlin dan adik nya kapal MV Black Marlin adalah kapal angkat berat kelas Marlin. Mereka milik Transportasi Berat Lepas Pantai Oslo, Norwegia, saat konstruksi mereka, masing-masing pada bulan April 2000 dan November 1999 , sampai 6 Juli 2001, ketika mereka dibeli oleh Dockwise Shipping dari Belanda.

SEJARAH

Angkatan Laut Amerika Serikat menyewa Blue Marlin dari Transportasi Berat Lepas Pantai untuk memindahkan USS Cole kembali ke Amerika Serikat setelah kapal perang itu rusak akibat serangan pembom bunuh diri Al Qaeda saat berlabuh di pelabuhan Aden, Yaman. Selama akhir 2003, pekerjaan dilakukan pada Blue Marlin dengan meningkatkan kapasitas dan menambahkan dua propulsors tarik untuk meningkatkan manuver.
Kapal kembali mulai beroperasi pada Januari 2004. Setelah perbaikan ini, Blue Marlin mengantarkan platform minyak Thunder Horse PDQ, yang beratnya 60.000 ton, ke Corpus Christi, Texas, untuk diselesaikan pembuatannya.



Pada bulan Juli 2005 Blue Marlin memindahkan kilang gas Snøhvit dari situs konstruksi di Cádiz ke Hammerfest, perjalanan 11 hari. Transportasi ini difilmkan dalam acara TV Extreme Engineering di Discovery Channel, dan juga acara TV Mega Movers di History Channel.
Pada November 2005, Blue Marlin meninggalkan Corpus Christi, Texas, untuk memindahkan Radar X-band besar berbasis laut keAdak, Alaska, melalui ujung selatan Amerika Selatan dan Pearl Harbor, Hawaii. Tiba di Pearl Harbor pada tanggal 9 Januari 2006, setelah melakukan perjalanan 15.000 mil. Pada bulan Januari 2007, Blue Marlin dipekerjakan untuk memindahkan dua rig jack-up, Rowan Gorilla VI dan GlobalSantaFe Galaxy II, dari Halifax Harbour ke Laut Utara.







Comments