7 TRADISI UPACARA PERNIKAHAN UNIK DARI SELURUH DUNIA

Pernikahan menjadi momen yang sakral bagi semua orang. Di mana saat dua hati menjadi satu, banyak orang yang ikut bahagia di dalamnya. Jika di Indonesia biasanya upacara pernikahan berlangsung megah dan meriah dalam berbagai adat, maka di negara-negara ini berbeda. Di Brazil, teman-teman pengantin wanita yang masih single akan menuliskan namanya di balik gaun pernikahan sahabatnya itu, unik ya?

1. SKOTLANDIA
ANDA MAU MENIKAH? BERSIAPLAH DILEMPARI MAKANAN DAN MINUMAN

Waduh, mau menikah kok malah dilempari? Rupanya ini menjadi tradisi di Skotlandia. Jika Anda dan pasangan akan menikah besok, maka hari ini Anda berdua akan berdiri di tengah halaman yang luas lalu sahabat-sahabat Anda akan melempar makanan dan minuman ke arah Anda hingga kotor. Jadi penasaran, apa sih arti di balik tradisi ini?
Rupanya, maknanya dalam sekali lho! Ini diharapkan menguatkan rasa cinta pasangan dan tidak mudah menyerah jika ada masalah. Dalam hidup tentu ada momen buruk dan juga saat tidak menyenangkan kan? Nah ini diharapkan tidak membuat pasangan lalu goyah. Keren banget ya?

2. POLANDIA
MARI BERI UANG UNTUK PASANGAN!
Saat Anda datang ke undangan pernikahan di Indonesia, lazimnya biasanya membawa kado atau uang yang dimasukkan ke dalam amplop ya? Nah konsep yang sama juga ada di Polandia namun Anda tidak memberikan uangnya saat akan masuk ke gedung tapi saat menari. Menarik banget nih, bagaimana prosesinya?
Jadi saat upacara pernikahan akan berakhir, akan ada bride dance di mana undangan dan pengantin akan berdansa lalu para undangan memberikan uang pada pasangan yang sedang berbahagia. Tujuannya adalah untuk memberikan ‘semangat’ bagi pengantin baru mengingat biasanya newly wed kan belum punya banyak tabungan untuk berkeluarga bukan?


3. ITALIA
TRADISI MEMECAHKAN GELAS YANG HEBOH
Apakah Anda pernah melihat film When In Rome? Di sana ada tradisi memecahkan gelas atau barang pecah belah. Apa sih tujuannya? Bukannya sesuatu yang pecah malah berarti buruk? Ternyata tidak lho, ini dia alasannya.
Saat gelas dibanting, lalu akan menjadi berkeping-keping. Nanti kepingannya akan dikumpulkan dan dihitung. Makin hancur dan kepingannya banyak artinya makin bagus, dilansir dari buzzfeed. Kepingan ini diibaratkan tahun, jadi kalau jadi 50 keping maka pernikahan diprediksi akan bertahan 50 tahun. Bagaimana menurut Anda, siap memecahkan gelas dengan sepenuh hati?

4. YUNANI
TRADISI BANTING PIRING SAAT PESTA PERNIKAHAN
Setelah di Italia gelasnya dibanting, sekarang kita berpindah ke Yunani. Tradisi di sana juga tidak kalah unik yaitu membanting piring dan peralatan makan pecah belah lainnya yang ada di meja. Saat resepsi pernikahan dimulai, piring-piring ini akan dibanting. Duh mengerikan banget!
Ternyata tidak kok, justru saat dibanting ini para undangan seraya berkata ‘semoga beruntung!’. Piring-piring ini diibaratkan lika liku hidup yang semoga dengan dibanting, tidak akan mengganggu rumah tangga pasangan yang baru menikah ini. Wah so sweet ya!

5. JERMAN
MARI KITA CULIK PENGANTIN WANITA!
Astaga, apalagi ini? Masa mau menikah dan pengantin wanita malah diculik? Ini bisa dibilang tradisi paling unik di seluruh dunia. Usai upacara pernikahan, teman-teman pengantin pria akan menculik pengantin wanita. Tujuannya apa dan mau dibawa ke mana?
Pengantin wanita ini akan dibawa ke bar, untuk diajak minum bersama. Tugas si pengantin pria harus mencari istrinya itu hingga ketemu. Saat sudah ditemukan, ia harus membayar tagihan biaya di bar tadi. Cukup aneh juga ya, tapi seru.

6. BRAZIL
CORET-CORET GAUN PENGANTIN WANITA YUK
Bagaimana perasaan Anda jika gaun yang sudah Anda pesan jauh-jauh hari, dicorat-coret seenaknya oleh sahabat Anda? Pasti rasanya kesal sekali ya! Ternyata di Brazil, pengantin wanita justru meminta sahabat-sahabat perempuannya yang masih single untuk menuliskan nama mereka di balik gaun putih yang cantik itu. Loh, apa tujuannya?
Rupanya, menuliskan nama di balik gaun ini semoga para sahabat wanita juga ketularan untuk segera menemukan jodoh dan menikah. Hihihi ada-ada saja ya!

7. INDONESIA
RAMAI-RAMAI MENCURI BUNGA MELATI DAN PISANG DI ACARA PERNIKAHAN
Hayo ngaku, siapa yang pernah dengan sengaja mengambil bunga melati yang jadi hiasan rambut pengantin wanita atau mengambil pisang yang menjadi dekor acara pernikahan? Katanya sih, biar enteng jodoh dan cepetan nyusul. Tapi kenapa bunga melati dan buah pisang?
Bunga melati yang dipakai pengantin wanita melambangkan kecantikan dan aura positif. Jika Anda mengambil satu kuntum lalu disimpan di dompet, mitosnya adalah aura positif dan juga kecantikannya ‘menular’ sehingga Anda juga akan cepat bertemu jodoh. Sedangkan buah pisang yang menjadi hiasan dekor acara resepsi ini melambangkan kebahagiaan, saat dimakan, maka kebahagiaan itu seolah mengikuti Anda ke mana-mana. Enteng jodoh!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment