Sejarah Kaskus

Kaskus adalah sebuah situs forum diskusi dan juga jual beli terbesar di Indonesia, kini jutaan orang menggunakan Kaskus untuk mencari informasi, pengetahuan, bergabung dengan komunitas baru, hingga melakukan jual beli berbagai macam barang dan jasa. 

Kaskus pertama kali didirikan pada 6 November 1999 oleh ke tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Pada awalnya Andrew Darwis , Ronald, dan Budi membuat Kaskus hanya untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Selain untuk memenuhi tugas kuliah, Kaskus dibuat untuk mengobati kerinduan para mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri.
Pada tahun 2006 Kaskus terpaksa merubah domain dari .com menjadi .us dikarenakan virus Brontok yang menyerang situs-situs besar Indonesia termasuk Kaskus. Dan sejak itu Kaskus merubah alamat situsnya menjadi Kaskus.us, yang berartikan Kaskus adalah us atau kita.
Pada tahun 2008, Andrew Darwis dan Ken Dean Lawadinata memutuskan untuk mengelola Kaskus secara profesional. Situs, personel dan infrastuktur yang terkait pada akhirnya di bawa ke Indonesia pada tahun ini.
Pertama kali kantor Kaskus bertempat di daerah Mangga Besar, dibantu dengan 2 orang tenaga profesional. Kaskus langsung mengambil langkah serius untuk menutup dua forum kontroversial BB17 dan Fight Club. Seterusnya langkah tersebut di sambut dengan baik oleh pengguna internet Indonesia, hal ini di buktikan dengan meningktanya jumlah member Kaskus hingga 300% dengan jumlah sebanyak 1,2 juta member.
Karena begitu pesatnya perkembangan Kaskus, pada tahun 2009 kantor Kaskus pindah ke daerah Melawai dan tenaga profesional bertambah menjadi lebih dari 60 orang. Dan sejak itulah Kaskus menjadi suatu hal penting di ranah online Indonesia.
Kaskus telah menerima banyak penghargaan seperti “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. Lebih hebatnya lagi Kaskus adalah sebuah situs peringkat 1 untuk kategori komunitas dan menurut Alexa Kaskus merupakan situs lokal peringkat 1 di Indonesia.
Pada tahun 2011 Kaskus terus berkembang dan memindahkan kantor utamanya ke Menara Palma dan menamakannya Kaskus Playground.
Pada tahun 2012, tepatnya 26 Mei 2012 Kaskus kembali menggunakan alamat situs kaskus.com dan kaskus.co.id demi dapat memperkuat citra sebagai situs bervisi global tetapi tetap memiliki identitas Indonesia.
Pada bulan Mei 2014, Kaskus meluncurkan versi terbarunya yaitu Kaskus Evolution. Dan sampai saat ini di tahun 2014 Kaskus sudah memiliki member sebanyak lebih dari 6,5 juta member.
Sumber: kaskus.co.id
Previous
Next Post »
Thanks for your comment