Hewan Paling Tangguh di Dunia

Tardigrades, juga dikenal sebagai beruang air (water bear), adalah sebuah filum dari hewan yang belum banyak dipelajari. Pertama kali ditemukan 230 tahun yang lalu, setidaknya ada 700 spesies yang berbeda yang hidup di darat, di air tawar dan di laut. Tardigrades merupakan kelompok hewan yang sukses dalam mengembangkan keberadaannya setelah sekitar 600 juta tahun evolusi.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Tardigrades terlihat seperti beruang mikroskopis yang gemuk. Banyak dari spesiesnya yang transparan. Tardigrades terbesar panjangnya hanya sekitar 1,5 milimeter dan sebagian besar dari mereka menghabiskan sebagian besar hari-hari mereka makan ganggang atau bakteri dan berenang di dalam tetesan air pada lumut. Bahkan, berbagai jenis tardigrades berubah menjadi hijau ketika mereka makan karena tubuh mereka yang transparan.



Tardigrades dikenal karena kemampuan mereka dalam melakukan Cryptobiosis: tardigrade yang dikeringkan (disebut tun) dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun tanpa air bahkan oksigen, dan dapat menyebar ke seluruh dunia oleh angin. Bahkan tardigrades dapat hidup selama 120 tahun dalam kondisi kering (tun). Kemampuan unik lainnya dari tardigrades kering ini adalah dapat bertahan di keadaan angkasa luar yang hampa udara. Pada suatu penelitian tardigrades dapat hidup selama 10 hari di lingkungan luar angkasa. Tardigrades yang mengangkasa menggunakan pesawat luar angkasa FOTON-M3 oleh European Space Agency, dapat bertahan hidup dalam keadaan hampa udara, terpapar sinar kosmik, dan bahkan dapat bertahan terhadap radiasi UV matahari 1000 kali lebih tinggi dibandingkan radiasi di permukaan bumi.
Tun juga tahan terhadap tekanan ekstrem, suhu tinggi dan pembekuan. Setelah dibasahi air kembali, tardigrade yang kering tadi akan hidup kembali – sebuah proses yang memakan waktu hanya beberapa menit.
Mereka adalah komponen yang umum dari fauna lumut di daerah Kutub, di mana kemampuan mereka untuk kering dalam beku dan mudah dibangkitkan membuat mereka cocok dengan kehidupan di musim panas kutub yang singkat.
Dengan kemampuan tersebut, tardigrades merupakan makhluk hidup yang dapat bertahan bila terjadi perang nuklir atau bencana alam ekstrim yang lain.

Comments