10 Lapangan Sepakbola Paling Menakjubkan di Dunia

Kemegahan stadion sepakbola bukan hanya ditandai lewat fasilitas yang ada di dalamnya. Lokasi yang unik dan pemandangan indah tidak jarang membuat orang yang berkunjung ke sana takjub.


Di Swiss, Stadion Ottmar Hitzfeld dibangun di tepi jurang. Meski tidak punya tribun penonton, markas FC Gspon ini, memiliki tampilan yang menarik.

Berikut adalah 10 lapangan sepakbola paling unik di dunia:

1. The Float-Marina Bay, Singapura

Stadion terapung terbesar di dunia ini dibangun di atas waduk Marina dengan tribun yang terpisah dengan lapangan sepakbolanya. Diresmikan pada 2007, stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk ini menggelar pertandingan sepakbola untuk pertama kali pada 2009 yang mempertemukan Tuan Gemuk Athletic dan VNNTU FC.

2. Estadio Municipal de Braga – Portugal

Stadion ini merupakan markas tim Liga Primer Portugal, Braga. Dibangun di bekas lahan pertambangan, stadion dengan kapasitas 30 ribu tempat duduk ini hanya memiliki dua sisi tribun di belakang gawang. Di belakang salah satu tribun terdapat gunung batu, sedangkan dari tribun lainnya terlihat pemandangan ke pusat kota. Selain duduk di tribun, penonton juga berdiri di pinggir lapangan. Stadion ini pernah digunakan untuk menggelar laga Euro 2004 lalu.


3. Soccer City – Johannesburg, Afrika Selatan

Stadion ini merupakan salah satu ikon Afrika Selatan. Dibangun pertama kali pada 1989, stadion yang kini dikenal dengan nama First National Bank Stadium itu telah direnovasi untuk menyambut Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan. Markas Kaizer Chiefs, ini mampu menampung hingga 95 ribu penonton.

4. Adidas Futsal Park – Shibuya, Tokyo

Sebenarnya ini bukan stadion sepakbola melainkan sebuah lapangan futsal. Dibangun untuk menyambut Piala Dunia 2002 saat Jepang menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan. Lokasinya unik, yakni berada di lantai teratas gedung perbelanjaan Tokyu Toyoko di distrik Shibuya, Tokyo.


5. Eidi Stadium – Pulai Faroe

Berhadapan langsung dengan Samudra Atlantik, stadion ini merupakan markas tim nasional Kepulauan Faroe.


6. Ottmar Hitzfeld Stadium – Swiss

Stadion ini merupakan yang tertinggi di Eropa. Markas FC GSpon ini terletak di atas gunung dengan satu sisi berhadapan dengan jurang. Untuk mencapai stadion ini, pengunjung menggunakan kereta gantung.


7. Stadio Hernando Siles – Bolivia

Terletak di La Paz, Bolovia, stadion ini berkapasitas 41 ribu penonton. Berada di ketinggian 12 ribu kaki, markas La Paz FC ini merupakan stadion profesional tertinggi di dunia. FIFA sempat melarang kualifikasi Piala Dunia 2007 digelar di sana. Namun, setelah menuai protes, FIFA akhirnya mengubah keputusannya.


8. Sapporo Dome – Jepang
Terletak di Sapporo Jepang Utara, Dome banyak digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola dan bisbol. Stadion ini juga pernah digunakan pada Piala Dunia 2002. Yang unik dari stadion ini adalah, permukaan bisa ditarik untuk menggelar pertandingan bisbol di lapangan buatan, sementara permukaan rumput dapat digulung untuk menggelar pertandingan sepakbola.


9. Stadion Kantrida – Kroasia

Terletak di antara perairan Laut Adriatik dan tebing raksasa, markas HNK Rijeka ini merupakan salah satu lapangan sepakbola dengan pemandangan yang indah. Sayangnya, keindahan stadion ini tidak akan bertahan lama. Pasalnya, Desember mendatang, pemerintah akan membongkarnya dan membangun jalan raya menuju kawasan tersebut.


10. Ko Panyi – Thailand

Lapangan yang terletak di tepi pantai ini memang jauh dari kata megah. Namun, yang membuatnya unik adalah sejarah pembangunannya. Konon, lapangan sepakbola mini tersebut dibangun oleh anak-anak yang terinspirasi oleh Piala Dunia 1986. Mereka membangun lapangan bermain dari potongan kayu dan rakit yang ditemukan di laut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment